Wednesday, April 29, 2009

SOLUSI JARINGAN MURAH

Wednesday, April 29, 2009

Krisis yang berkepanjangan telah menuntut kita untuk sangat berhemat, penulis disini ingin membagi ilmu tentang solusi jaringan murah berbasis linux. Dimana melalui solusi ini kita dapat menghemat beberapa ratus ribu bahkan juta di dalam membeli peripheral komputer.

Yang ingin penulis tawarkan ialah jaringan LTSP (Linux Terminal Server Project), dimana dengan ini kita dapat membuat sebuah workstation yang terhubung dengan sebuah server LTSP tersebut. Workstation yang kita miliki cukup menggunakan 2 buah alat penting yakni LAN Card dan floppy disk (tidak perlu harddisk). Jadi keseluruhan dari workstation akan langsung mengakses ke server yakni LTSP server itu sendiri yang telah terinstall.

File-file installasi yang diperlukan yang paling mendasar ialah :
1. ltsp_core
2. ltsp_kernel
Keduanya dapat di download pada http://prdownloads.sourceforge.net/ltsp/. Ada beberapa format paket yang dapat kalian pilih, sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah di download kalian dapat menginstallnya satu per satu pada komputer yang akan dijadikan server bagi LTSP.

Kemudian setelah terinstall keduanya, kalian dapat mengkonfigurasi file-file yang ada pada /otp/ltsp/templates. Bagi yang tidak sabar dapat langsung mengeksekusi file berikut untuk mengkonfigurasi server LTSP yang telah terinstall, sebagai berikut :

cd /opt/ltsp/templates
./ltsp_initialize
pilih Apply

Bagi yang ingin mengetahui informasi file apa saja yang akan dikonfigurasi dapat memilih review setelah eksekusi ltsp_initialize.

Setelah konfigurasi selesai kalian dapat menkonfigurasi workstation kalian melalui server LTSP pada file-file berikut :
1. /etc/dhcpd.conf
2. /etc/hosts
3. /opt/ltsp/i386/etc/lts.conf

Keterangan:

1. /etc/dhcpd.conf

Disini saya menganggap kalian telah mengerti apa itu DHCP (kalau belum silakan lihat http://www.cs.unm.edu/~vuksan/linux/DHCP.html). Setelah ltsp_core dan ltsp_kernel terinstall biasanya diikut sertakan file dhcpd.conf.example sebagai contoh. Silakan disesuaikan konfigurasinya dengan workstation kalian.

2. /etc/hosts

Berfungsi untuk mapping IP address kepada hostname komputer. Bisa juga disebut sebagai resolver.

3. /opt/ltsp/i386/etc/lts.conf

File ini berisi konfigurasi dari LTSP mulai dari no IP server dan, run level dan sebagainya.


Ada dua cara dimana workstation tersebut dapat booting melalui jaringan. Yakni :
1. Menggunakan BOOT ROM yang telah terdapat pada tiap-tiap network card sekarang,
2. Menggunakan boot floopy (disinilah fungsi dari floopy drive).

Disini penulis menggunakan boot floopy. Keduanya dapat di download pada http://www.rom-o-matic.net.



Related Posts



0 comments:

Post a Comment